Cara Daftar CPNS 2014 di Panselnas.menpan.go.id sampai sscn.bkn.go.id

Cara Daftar CPNS 2014 di Panselnas.menpan.go.id sampai sscn.bkn.go.id - Pendaftaran CPNS 2014 dengan sistem Online memang tergolong baru, dan tidak heran jika banyak sekali calon pelamar yang kebingungan dan tidak tahu langkah-lagkah melakukan pendaftaran CPNS mulai dari Panselnas sampai di sscn.bkn.go.id.

Untuk menjawab kebingungan para calon pendaftar berikut ini saya memberikan cara melakukan pendaftaran CPNS online 2014 dari situs panselnas.menpan.go.id sampai dengan masuk di situs sscn.bkn.go.id.

Pertama yang harus dilakukan adalah melihat formasi detail dari instansi yang akan kita daftar, apakah syarat serta ketentuan dan kualifikasi pendidikan sesuai dengan yang kita miliki, karena setiap instansi memiliki syarat sendiri-sendiri.

Untuk melihat detail formasi CPNS 2014 silakan membuka laman https://panselnas.menpan.go.id/index.php/form-2 kemudian akan ada pilihan instansi yang membuka lowongan seperti dibawah ini
Cara Daftar CPNS 2014 di Panselnas.menpan.go.id sampai sscn.bkn.go.id

Setelah itu silakan buka instansi mana yang akan anda daftar, untuk contoh saja maka kami buka (Kementerian - 27 kementerian) kemudian akan ada tampilan seperti berikut ini

Pilih Kementerian mana yang akan anda lamar sebagai contoh kami buka Kemenkeu, disitu nanti ada kolom kolom nama jabatan, kualifikasi pendidikan, golongan, jumlah alokasi dan recana penetapan silakan anda scroll sampai bahwah dan cari yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan anda. Jika sudah menemukan maka silakan scroll kebawah lagi atau anda langsung membuka situs https://regpanselnas.menpan.go.id/ untuk mengisi formulir pendaftan

Gambarnya akan seperti berikut ini
  • Isi kolom NIK dengan nomor NIK yang ada di KTP atau Kartu Keluarga. NIK berupa angka dan minimal 16 digit. Bagi yang belum memiliki e-KTP, bisa menggunakan KTP nasional yang masih berlaku.
  • Isi nama secara lengkap di kolom Nama Lengkap sesuai nama yang tertera di KTP.
  • Isi kolom Email dengan alamat email dengan format e-mail yang valid. Pastikan email yang diisikan adalah yang selalu digunakan, karena semua info terkait pendaftaran akan dikirimkan ke email tersebut. (contoh: srijati@gmail.com)
  • Isi kolom Tempat Tanggal Lahir dengan Tempat lahir anda seperti yang di KTP. Kolom Tanggal Lahir diisi menurut format yang disediakan yakni format YYYY-MM-DD (contoh: 1987-01-02)
  • Isi kolom Instansi dengan memilih salah satu instansi yang sudah tersedia. (Jika instansi yang Anda inginkan belum ada berarti belum buka, jika belum buka sebaiknya urungkan dulu untuk daftar. Jangan mencoba-coba memilih instansi lain karena nanti tidak bisa diubah. Setiap pelamar hanya diberi kesempatan satu kali pendaftaran, dan tidak bisa diubah atau dihapus).
  • Isi kolom Password dengan password yang mudah diingat, agar nanti bisa selalu digunakan selama pendaftaran.
  • Isi kolom Confirm Password dengan password yang sama pada kolom Password, isikan kembali untuk konfirmasi.
  • Isi kolom Input Kode Sekuriti dengan mengetikkan kode sekuriti yang tersedia di bagian atasnya. Hal ini untuk meyakinkan bahwa yang mendaftar adalah manusia bukan robot.
  • Periksa kembali semua isian yang sudah dimasukkan, Pendaftaran hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali. Jika sudah dikirim, kita tidak dapat membatalkan atau mengganti pilihan instansi yang telah dipilih. Jika sudah yakin baru klik tombol KIRIM.
Jika berhasil maka nanti akan muncul tampilan: “Selamat Anda sudah terdaftar, silakan cek email Anda untuk informasi selanjutnya”

Adapun hal-hal yang perlu diperhatian sebelum dan sesudah mengisi formulir ini adalah:
  1. Pastikan email notifikasi pendaftaran sampai ke email, cek folder INBOX, bila tidak ada di SPAM.
  2. Jika tdk ada email notifikasi selama 1×24 jam silahkan laporkan dengan mengirimkan bukti pendaftaran ke panselnas@menpan.go.id.
  3. Sebaiknya saat mengisi form pendaftaran sebelum diklik tombol KIRIM screenshot layar komputer sebgai bukti apabila tidak menerima email notifikasi.
  4. Pastikan semua form pengisian telah diisi dengan data sebenarnya untuk menghindari diskualifikasi pada proses selanjutnya. Data yang dibuat-buat tidak akan bisa diproses.
  5. Ingat kesempatan hanya 1 pelamar 1 instansi, maka gunakan kesempatan dengan bijak. Jangan daftar jika instansi yang Anda ingin daftar belum muncul di Daftar Instansi.
Setelah itu silakan cek email anda kemudian cari kiriman email dari panselnas baik itu di inbox maupun spam ingat cari di inbox atau spam karena kadang email dari panselnas masuk ke spam, setelah ketemu silakan buka email dan verifikasi dan selanjutnya anda sudah bisa login ke situs sscn.bkn.go.id 
dengan alur sebagai berikut ini



Setelah dari sscn.bkn.go.id para pelamar tinggal mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian cpns 2014 yang akan dilakukan pada tanggal 8 September mendatang dan sebagai persiapan silahkan anda belajar soal cpns 2014 dan prediksinya dengan sistem CAT seperti di sidebar


Tulis Tanggapan Mengenai Cara Daftar CPNS 2014 di Panselnas.menpan.go.id sampai sscn.bkn.go.id